Cara Cepat Membuat Citation pada Penulisan Paper Penelitian


Membuat citation atau mengutip dari referensi paper penelitian lain terkadang memakan waktu yang cukup lama. Ada sebagian orang yang mengumpulkan paper referensinya dulu sesuai dengan keyword atau beberapa keyword tertentu dengan jumlah yang sangat banyak. Lalu dipilah kembali hingga jumlahnya menyusut. Cukup memakan waktu yang lama apalagi jika semua paper referensi harus dibaca dimulai dari judul hingga kesimpulan.

Ada salah satu trik dari pengalaman penulis ketika sedang menulis paper penelitian terindeks scopus, berikut trik cepatnya:

Menulis dengan bahasa sendiri dengan memunculkan beberapa keyword sesuai judul paper kita (boleh bahasa indonesia dulu baru translate) -> Cari keyword atau beberapa keyword atau kalimat di pencarian sciencedirect -> baca point-point terpenting dari paper yang kita dapat (dari judul kalo cocok lebih mantap, bisa dari abstrak atau isi juga) -> download paper lalu insert citation.

Itu salah satu trik cepat, sejalan dengan waktu dan pengalaman mungkin trik cepat akan berubah. Mudah-mudahan bermanfaat khususnya reminder bagi penulis :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatasi Masalah Foreign Key Constraint Ketika Migrasi Database di Laravel 5.4

Mengatasi Masalah No Hint Path Define for [datatables] di Laravel 5.4 dan Yajra 7.0

Mengatasi Tampilan Tidak Rapih pada Saat Instalasi Awal OJS 3