Ketika Hacking "Merakyat" dan Disalahgunakan

"Gadis Cantik Curhat, Diintip Webcam Saat Mandi", itu adalah judul berita yang ada di salah satu portal berita terkenal di Indonesia. Dan menjadi salah satu top post di portal tersebut. Berita itu saya dapatkan informasinya dari rekan kerja sambil bertanya, "Apa kira-kira yang pembaca dapatkan jika mas baca sampai selesai berita ini ? Sekedar sensasikah ? Atau dari teknik hacking-nya ?", kurang lebih seperti itu pertanyaannya. Saya jawab, "Kemungkinan besar pembaca akan lebih tertarik kepada teknik hacking-nya, bagaimana cara supaya pembaca bisa seperti peretas yang bisa mengambil alih komputer orang lain secara online".
Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa berita yang di-post tadi memang baik disampaikan, tapi perlu diperhatikan dari sisi penyampaian teknik hacking-nya. Titik berat dari berita tersebut bukannya pembaca memberikan simpati kepada korban, tapi cenderung untuk mencari tahu bagaimana pembaca melakukan teknik seperti peretas (hacker) tersebut.
Itu sebabnya saya beri judul tulisan ini "Ketika Hacking 'Merakyat' dan Disalahgunakan". Penyalahgunaan di sini diartikan kepada arti hacking. Ada dua sisi yang memang sulit dibedakan dari sebuah kata hacking. Dua-duanya memang mirip, tapi memiliki dua sifat dan tujuan yang berbeda. Ada sisi positif dan ada juga sisi.negatifnya. Penyalahgunaan ini bisa terjadi karena pelaku tidak memiliki pengetahuan dan wawasan yang baik dari tujuannya. Apakah untuk tujuan yang baik, atau sebaliknya :-)
P.S. : Tulisan ini ditulis pada saat mobile.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berpindah ke Halaman Sebelumnya dengan Java Script

Teknik Membangun Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web

Mengatasi Masalah Foreign Key Constraint Ketika Migrasi Database di Laravel 5.4